Kamis, 04 Maret 2010

Data independence

Independensi data fisik berhubungan dengan menyembunyikan detail dari struktur penyimpanan dari aplikasi pengguna. Aplikasi tidak boleh terlibat dengan masalah ini, karena tidak ada perbedaan dalam operasi yang dilakukan terhadap data.
Data operasi kemerdekaan dan kemerdekaan bersama-sama memberikan fitur data abstraksi. Ada dua tingkat independensi data. Isi [hide]

    
* 1 tingkat pertama
    
* 2 tingkat Kedua
    
* 3 Data Jenis Kemerdekaan
    
* 4 Lihat juga
[sunting] Tingkat Pertama
Struktur logis data dikenal sebagai definisi skema. Secara umum, jika pengguna mengoperasikan aplikasi pada subset atribut relasi, seharusnya tidak akan terpengaruh kemudian, ketika atribut baru ditambahkan ke relasi yang sama. Independensi data logis menunjukkan bahwa skema konseptual dapat diubah tanpa mempengaruhi skema yang ada. [sunting] Tingkat Kedua
Struktur fisik data disebut sebagai "deskripsi data fisik". Independensi data fisik berhubungan dengan menyembunyikan detail dari struktur penyimpanan dari aplikasi pengguna. Aplikasi tidak boleh terlibat dengan masalah ini karena, secara konseptual, tidak ada perbedaan dalam operasi yang dilakukan terhadap data. Ada dua jenis data kemerdekaan:

   
1. Independensi data logis: Kemampuan untuk mengubah logis (konseptual) skema tanpa mengubah skema Eksternal disebut data logis kemerdekaan. Misalnya, penambahan atau penghapusan entitas baru, atribut, atau hubungan ke skema konseptual harus dapat dibuat tanpa harus mengubah skema eksternal yang ada atau harus menulis ulang program aplikasi yang sudah ada.
   
2. Data fisik kemerdekaan: Kemampuan untuk mengubah skema fisik tanpa mengubah skema logis disebut data fisik kemerdekaan. Sebagai contoh, perubahan ke skema internal, seperti menggunakan file yang berbeda organisasi atau struktur penyimpanan, penyimpanan data, atau strategi pengindeksan, harus dimungkinkan tanpa harus mengubah skema konseptual maupun eksternal.
[sunting] Data Jenis Kemerdekaan
Independensi data memiliki dua tipe: 1. Kemerdekaan fisik dan 2. Logis Kemerdekaan. Dengan pengetahuan tentang arsitektur skema tiga istilah independensi data dapat dijelaskan sebagai berikut: Masing-masing tingkat yang lebih tinggi arsitektur data yang kebal terhadap perubahan tingkat yang lebih rendah berikutnya dari arsitektur.
Fisik Kemerdekaan: skema logis tetap tidak berubah meskipun ruang penyimpanan atau jenis beberapa data yang berubah untuk alasan pengoptimalan atau reorganisasi.
Logis Kemerdekaan: skema eksternal mungkin tetap tidak berubah untuk sebagian besar perubahan skema logis. Hal ini terutama diinginkan sebagai perangkat lunak aplikasi tidak perlu dimodifikasi atau baru diterjemahkan.



http://en.wikipedia.org/wiki/Data_independence

Tidak ada komentar:

Posting Komentar