Kamis, 14 Juli 2011

TIPS UNTUK MEMBUAT PROPOSAL BAND DAN SALES KIT

Kalau kamu sudah punya band dan lagu, maka langkah berikutnya yang kamu harus lakukan adalah mempromosikan band kamu sendiri. Kenapa? Karena kamu yang harus pertama kali mempromosikan band kamu bukan orang lain. Metoda paling mudah dalam memulai promosi adalah dengan membuat proposal dan sales kit.

Apa itu proposal? Definisi umum proposal adalah sebuah dokumen tertulis, yang bertujuan untuk mencari pekerjaan atau proyek. Dalam hal ini, mendapatkan panggung adalah pekerjaan yang kamu cari.

Sementara itu, Sales Kit adalah sekumpulan perangkat yang berisi informasi tentang band kamu.

Apa kegunaan Proposal dan Sales Kit ini? Tentunya sangat berguna. Saya pernah menemukan band yang sebenarnya cukup berbakat. Saya minta demo lagu-lagunya. Apa yang dia kasih? Sebuah cd bekas tanpa cover tanpa list lagu. Padahal, saya sempat yakin band ini dapat berbuat sesuatu. Apa yang saya lakukan? Saya masukkan tempat sampah.

Mungkin terdengar sadis. Tetapi itulah kenyataannya. Orang-orang di label atau panitia sebagai penyedia pekerjaan yang kamu cari tidak bertugas untuk membuatkan sales kit kamu, tetapi kamu sendiri yang memiliki kewajiban untuk itu. Justru dengan sales kit yang baik, orang-orang media, label, agen dan manajemen akan mendapat informasi yang cukup akan band kamu.

Tips untuk membuat proposal:
1. Pastikan kamu membuat cover yang eye-catchy.
2. Jika ada, masukkan demo lagu band kamu dalam bentuk cd atau MP3.
3. Tentukan tujuan yang jelas. Misalnya: mendapatkan panggung di SMA….
4. Berikan biografi band kamu. Jangan masukkan cerita-cerita konyol yang hanya dimengerti oleh kamu dan band kamu sendiri. Masukkan hanya hal-hal yang penting, yang dapat menggambarkan band kamu dan tujuan kalian.
5. Masukkan foto band. Saat mengambil foto band, jangan asal-asalan. Ingat, sebenarnya semua orang tahu jika kamu ambil foto asal jadi.
6. Masukkan pengalaman manggung jika ada.

Tips untuk membuat Sales Kit:
Sales kit tidak jauh daripada proposal tadi, malah bisa jadi kamu hanya perlu membuat salah satu. Jika sales kit yang kamu pilih, maka saya menyarankan untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:
1. Fokus pada disain.
2. Buat cover yang bagus.
3. Masukkan CD demo.
4. Masukkan foto terkeren band kamu.
5. Bungkus dengan rapi, buat seperti maket.

Yang paling penting kirimkan proposal dan sales kit sebanyak-banyaknya biar band kamu exist dan terkenal
semoga sukses .....thanks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar